Sabtu, 09 Desember 2017

Rekomendasi Makan Murah di Jogja : Saoto Bathok Mbah Katro

Sangat penting bagi mahasiswa untuk memperhitungkan pengeluaran setiap harinya, salah satu pengeluaran yang pasti ada adalah buat makan. Apalagi kalo udah akhir bulan, segala cara dilakukan biar gimana caranya pengeluaran seminimal mungkin, tp perut tetap kenyang. Lol makan angin aja kalo gitu. Gak gak gak gitu. 

Kalo mau makan murah, ngga ada salahnya coba ke Saoto Bathok Mbah Katro di Sambisari. Eits, bukan typo ya. Tapi emang bener kok tulisannya Saoto bukan Soto. Jadi Saoto itu nama lain soto yang digunakan di daerah Solo. 

Jadi, pertama kali datang kita parkir motor yang jelas letaknya di sebrang saotonya. Nanti di pintu masuk langsung disambut sama mba mba dan kita langsung aja ambil kertas ordernya, setelah milih mau pesan apa langsung bayar yaaa. Setelah itu mba nya bakalan kasih semacam nomor gitu, semacam penanda. Dan kita langsung bisa milih tempat duduk.

Model tempatnya tuh dari saung bambu, ada yang lesehan sama di tempat duduk. Tempatnya adem banget, walaupun diluar panas. Di sekeliling ijo ijo. Dan disebelah selatan ada Candi Sambisari yang kelihatan ujungnya [FYI, Candi Sambisari didalam tanah gitu]. Kalo buat tingkat kebersihan yaa B aja. Cuma ya bersih. Trus di beberapa spot disediakan tempat cuci tangan lengkap ada sabun dan lap nya. Waktu itu kami memilih duduk lesehan yang disamping kami pas adalah kebun Chabayyyy.

karena foto pegang tangan pacar sudah mainstream, pegang saoto ini aja lebih banyak faedahnya

Untuk penyajiannya sendirii sesuai dengan namanya, pakai Bathok. Yu know bathok kan? bathok kelapa. yes itu. yes anda benar. Tapi jangan ekspetasi bathoknya yang besar wkwk. Tempatnya ini ngga merubah rasa (karna gatau kalo ditaruh di mangkok beling rasanya gimana). Semuanya disajikan dari bathok, kecuali tempat minumnya. Dari mangkok, tempat sambal sampai dengan tempat tempe, usus dan lain-lainnya.

#kujadilapar

Nah kalo buat porsinya memang terbilang sedikit, tapi ini soto daging sapi loh. Jadi ya itungannya masih murah, karna harga daging sapi tak semurah indomi. Oiya disini hanya menyediakan soto sapi ya, bagi yang ngga suka daging, dagingnya kasihin aku aja hehehe. Untuk rasanya sendiri ngga usah ditanya. Enak, sotonya itu seger tanpa jeruk nipis pun, terus micinnya tidak berlebihan jadi otak dan masa depan saya masih terselamatkan. Tempenya kering jatuhnya cruncy gitu, kalo ususnya kayaknya enak tp aku gaikut coba sih. Ya sate usus pada umumnya. 

Saoto Bathok Mbak Katro ini selalu ramai, walaupun bukan weekend, parkirannya selalu penuh. Padahal letaknya rada njelimet bagi ku yang ngga familiar sama daerah ini. Hal ini membuktikan kalo saoto ini emang terkenal enak sampe orang-orang pada rela kesini demi se-bathok saoto.

Oiya Saoto ini buka dari jam 06.00 - habis. Satu porsi saoto dibandrol dengan harga 5000 rupiah, tempe nya perbiji 500 rupiah, sate ususnya 1000 rupiah.

Bagi yang ngga tau letaknya, Klik Disini.

sekian,
luv.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar