Sabtu, 22 Juli 2017

Rekomendasi 10 Tempat Makan / Jajan Favorit di Malang (in my opinion)

Halo WargaNet! 

Setelah sekian lama ngga nge blog nih. Akhirnya terkumpulah sebuah niat untuk menulis kembali hahaha. Enggak sih, dikarenakan gabut dan bosan bermain hp jadinya gini. Hmm. Anyway ngomongin makanan di malang emang gak ada habisnya, ada aja yang bikin nagih entah itu makanan beratnya ataupun jajannya. Untuk menentukan 10 makanan yang bakalan aku rekomen aja susahnya minta ampun, butuh mikir berat dan berdiam diri di goa dulu biar dapet jawabannya. Huh, nentuin gini aja susah apalagi buat pendamping nanti ea. stop. oke langsung aja aku kasih 10 rekomendasi makanan atau jajan favorit di malang (dan batu) menurut aku. Inget ya, Menurut aku! kalo ada yang ga suka atau ada rekom lain feel free buat komen di bawah hehe. 

1. Bakso Bakar Solo Pak Min (Depan SMP 2)

source : google

Dia ini juara di hati akuuu! Belum ada yang bisa menggantikan posisinya. Dari segi tekstur, rasa, tingkat kegosongan dan pedesnya. Sungguh, aku tak berbohong. Bisa request sih mau pedes apa enggak, biasanya waktu kita pesen nanti di tanyain mau pedes, enggak atau cukupan. gitu. selain bakso bakar, disini juga ada bakso biasa dan pelengkapnya aka mie bihun putih sama mie kuning, trus ada goreng, tahu, sama siomay. Ada 2 cara makannya mau dimakan langsung atau dikasih kuah (kaldu bakso) kalo aku lebih suka makan langsung biar rasa pedesnya ngga kecampur sama kuah, menurutku kalo di campur bisa mengurangi tingkat kepedesannya sih. Untuk satu porsi sendiri isinya 10 tusuk harganya 30k (seingetku). Hehe. Harganya cukup affordable dan sesuai dengan apa yang kita dapetin. Kalian kalo ke malang wajib kesini. Wajib! hehe Letaknya itu didepannya SMP 2 Malang, gampang kan carinya?

Atau kalo kalian ke jauhan ke SMP 2, ada sih beberapa rekomendasi bakso bakar/bakso menurut aku yang rasanya 11 : 12 sama bakso bakar ini :
  • Bakso Solo Sawojajar di Danau Maninjau (disini juga ada bakso bakarnya! satu porsi 12k isi 6 bakso, rasanya enak bgtttttttt serius, ditanyain juga nanti pedesnya mau cukupan atau pedes)
  • Bakso Bakar Trowulan
  • Bakso Pojok MIN Malang 1 (ini letaknya dipojok MIN Malang 1, Jalan Bandung depan Legend Cafe. Tapi sayangnya disini nggak ada bakso bakar, cuma rasa baksonya enaaaaak bgt! Serius wkwk)

2. Pecel Kawi

source : google

Awalnya kesini karena pingin sarapan pecel, tapi lagi bosen pecel di sawojajar. Jadilah ke Pecel Kawi. Seperti namanya, alamatnya di Jalan Kawi depan KFC Kawi. Disini banyak lauknya, nggak cuma telur tempe mendol gitu. Ada jeroannya juga, ikan, ayam, komplit. Pecel Kawi ini rame banget lo, pengunjungnya bervariasi dari orang malang sendiri sampai dengan yang lagi liburan ke malang (luar kota). Untuk harganya relatif standart lah (8k tanpa lauk) ya dibandingkan dengan pecel pecel lainnya. Gitu. 

3. Rujak Buah Ananas

source : TripAdvisor

Memang, yang terkenal di malang itu Rujak Buah Semeru. Tapi entah kenapa itu nggak sesuai sama lidahku aja, masih enak ini. Asli. Rujak Buah di Jalan Ananas. Yang bikin enak itu, Bawang! Serius, kombinasi saus kacang, gula merah sama bawang ini pas banget. Ngga terlalu manis, gurih dan kacang nya juga ngga terlalu strong. Untuk harganya seingetku sih satu porsi 20k, sama aja kaya di Rujak Buah Semeru.

4. Bebek - Ayam Doeloer

source : Foody.id

Kalau ini ada yang pernah cobain Bebek Sinjay yang terkenal banget itu? Rasanya kira kira mirip lah sama ini. Kalo aku bilang sih, ini dupe nya bebek sinjay yang dulu blm buka di Malang. Dari segi bumbu, sambel nya juga mirip. Yang mereka jual ada ayam sama bebek. Ini rame banget, mau libur atau hari kerja. Selalu ramai. Jangan harap sambelnya manis ya. Yang ada pedes banget. Ini yang bikin kangen selama di jogja, karena di jogja lalapan gitu gitu aja, dengan sambel yang pedesnya standart. Alamatnya di Danau Bratan Raya, untuk range harganya sendiri sekitar 10k - 18k.

5. Dapoer Mi Galau

Source : HaloMalang.com

Ini, udah ini definisi surga. Mie dicampur sama cabe. Endes. Sumpah. Nagih. Bikin Kangen. Lebih kangen ini daripada pacar. Bagi para penggembara yang melanjutkan studi di luar malang seperti aku, ke mi galau adalah sebuah kewajiban. Karena ini belum buka cabang di kota lain. Mie nya sih sama kaya mie mie lainnya, cuma ini pedesnya enak. Pelan pelan gitu pedesnya, ngga yang langsung boom di pertemuan pertama antara aku dan dirinya. Pedesnya beda sama mie mie pedes yang lain. Beda sm mie setan, mie jogging, mie buto ijo dan lain lain. Cuma yang rasanya paling mendekati sama mie galau sih mie buto ijo yang gatau sampe sekarang masih buka apa enggak. Terus selain jual mie, disini juga ada ramen yang enak banget, porsinya besar dan rasanya gausah ditanyain lagi! Mienya disini ada macem macem, ada yang biasa (warna kuning). Ada yang warna ijo, hitam, pink. Seingetku itu aja sih. Gatau bedanya apa setiap kali kesini cuma pesen yang original atau ramen. Hehe. Buat yang mau kesini, alamatnya di jalan selorejo, range harga sekitar 10k - 20k.

6. Cilok SMA 8

Source : Foursquare

Nah ini sih tiada dua dan ngga ada yang menggantikan posisinya dihati aku. Cilok ini cilok daging, beda banget rasanya sama cilok yang dibuat pake tepung doang. Favorit sejak MTs, mau cari dimanapun tetep yang paling enak cilok ini. Di Malang ngga ada tandingannya. Mungkin kalo di jogja udah pernah denger cilok gajah yang fenomenal? menurutku masih enak ini hehe. Nagih banget. Kita bisa milih sih, mau yang cilok aja apa yang isinya ada telur puyuh. Enak. Wajib cobain. Kalo yang penasaran bisa banget ke depan SMA 8 yang ada di Jalan Veteran atau kalo ngga tau deket sama UB (Universitas Brawijaya). Harganya murah 500/1000 (lupa).
7. Sempol

Source : Buku Resep

Ini jajanan yang lagi hitzzzz banget di kota Malang. Dimana mana selalu ada yang jualan. Namanya sempol, setauku sih dibuat dari daging ayam sama tepung trus di goreng. Mirip sm nugget cuma ini campuran tepungnya lebih banyak (sok tau). Hargnya murah 500-1000. Cuma ya itu yang aku rasain, berasa makan nugget tp bentukannya beda. Banyak banget yang jualan di sepanjang jalan ada. Kalo di sawojajar sendiri, aku lagi ketagihan sempol crispy dr bandulan. Itu enak bgt ditambah sausnya ada mayonais nya. Setauku di Jogja udah ada yang buka cabang depan YKPN. Cuma kata temenku sih, rasanya enggak enak aneh beda sm yang di malang. Hmm mungkin ini bakalan jadi peluang bisnis jualan sempol di jogja. Hahahaha. Skip

8. Pos Ketan Legenda (Kota Batu)

Curang dikit yaa, tau tau ini bukan di Malang tapi kan deket hehehehe. 
Yang membedakan ketan ini dengan ketan yang lain adalah banyaknya varian yang ditawarkan. Kalo ketan ketan lain cuma nawarin ketan bubuk, coklat keju, kalo disini banyak banget pilihan yang bisa kalian pesen. Ditambah lagi makannya di deket alun alun batu. Itu nilai plus tersendiri. Kalo favorit aku ketan bubuk, ayam pedas sama black and white. Menurutku ya walaupun pos ketan legenda ini dah buka cabang di Jogja, entah kenapa rasanya tetep enak yang di batu ini. Yang penasaran bisa banget ke alun alun batu , nanti di pasti langsung ketemu. Range harga dari 5k - 13k.

9. Es Tawon

Es ini udah jadi favorit aku sejak SD. Papa sih yang sering bawa kesini. Kalo dulu mereka jualannya masih di gerobak depan rumah gitu. Dan gak pernah sepi dari pengunjung dan tawon. Hahaha makan disini ada sensasinya gitu, kadang takut juga di gigit sama tawon, maunya cepet cepet keluar tapi es nya sayang kalo habisnya cepet. Dilema. Jadi modelnya itu ini es campur, cuma sirupnya itu dari apanya tawon gitu, makanya banyak tawon yang bertebaran disekitar tempat sirupnya itu. Kita bisa request sih isi esnya apa aja, kaya kalo ga suka tape bisa diganti yang lain. Favorit sih tetep es kacang hijaunya. Isinya padahal cuma kacang ijo, es sama sirup. Tapi gatau kenapa malah enak banget. Serius. Alamatnya sendiri di Jalan Zainal Arifin atau Kidul dalem depan Holland Bakery. Harganya 5k aja sis.

10. Es Teler Dempo No 7

Source : Ngalam.co

Es teler disini nggak ada duanya, enak banget. Alamatnya di belakang SMA Dempo. Yang terkenal sih es duriannya. Soalnya duriannya asli bukan cuma perasa doang makanya rasanya juga endes banget. Biasanya sambil minum es teler nya, aku juga sekalian makan pangsitnya yang ngga kalah enak. Jangan khawatir disini Halal kok. Walaupun tempatnya dipinggir jalan dan di tenda, tapi cita rasanya lebih enak dari es durian es durian yang di kape kape. Menurutku ya. Warung warung di sepanjang belakang sma dempo ini ngga pernah sepi dari pelanggan. Entah cuma mau ngerasain es telernya atau sekalian beli mie pangsit atau bakso. Untuk range harganya sekitar 6k - 12k (durian).

Sekiaan postingan kali ini.
Pengennya sih next posting mau bahas tempat tongkrongan di malang atau tempat main di batu atau gatau deh liat mood wkwk.
See you! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar